Toko Alat Sablon

5 Cara Bersihkan Wajan dari Kotoran & Lemak Membandel

Bahan yang sering dipakai ketika memasak makanan salah satunya adalah minyak goreng. Namun, noda minyak pada wajan sering kali membandel. Belum lagi sisa-sisa makanan yang menempel pada wajan sehingga meninggalkan kotoran yang sulit dibersihkan.

Untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang membekas di penggorengan Anda dengan mudah, ikuti lima cara berikut ini seperti yang dikutip dari eHow.

1. Isi Wajan dengan Air Panas
Setelah digunakan, isi wajan atau panci yang berminyak dengan air panas dan tutup agar air tidak cepat dingin. Diamkan semalaman. Saat pagi hari, Anda tidak akan kesulitan mencucinya memakai sabun serta air hangat.

2. Semprotkan Wajan dengan Pembersih Oven
Bila Anda memiliki pembersih oven di rumah, semprotkan pembersih tersebut ke atas wajan yang berminyak. Biarkan semalaman. Keesokan harinya, gosok wajan dengan handuk kertas dan cuci seperti biasa.

3. Gunakan Baking Soda
Tuangkan baking soda dan air secukupnya di atas wajan. Diamkan selama 15 menit. Baking soda berguna untuk mengangkat noda membandel. Gosok penggorengan yang berminyak dengan kain bersih yang telah dicelupkan ke dalam air panas. Kemudian cuci dengan sabun khusus pembersih perabotan dan piring.

4. Pakai Cuka
Tuangkan cuka secukupnya ke atas panci atau wajan berminyak yang berisi setengah bagian air. Letakkan di atas kompor hingga mendidih. Biarkan setidaknya 10 menit sebelum menggosoknya dengan sabun. Cuka bisa membersihkan sisa-sisa minyak pada wajan Anda.

5. Panaskan Panci
Ini langkah terakhir untuk memudahkan Anda menghilangkan sisa-sisa minyak. Panaskan wajan di atas kompor agar minyak mencair kembali. Setelah itu, angkat dan tuangkan air dingin ke dalamnya. Gosok wajan menggunakan sabun dan bilas dengan air hangat.


0 Response to "5 Cara Bersihkan Wajan dari Kotoran & Lemak Membandel"