Toko Alat Sablon

Cara Sederhana Afdruk Film Sablon Manual

Membuat afdruk sablon merupakan salah satu poin penting dalam proses menyablon, karena hasil dari afdruk inilah yang menentukan kualitas dari cetakan sablon. Sebelum memulai sediakan bahan-bahan nya, selengkapnya baca di sini. Kali ini penyinaran saya menggunakan meja afdruk dengan neon panjang 2x20 watt.

Cara afdruk film sablon manual

Langkah 1
Bersihkan Screen yang akan di afdruk dengan pembersih khusus screen atau kalau tidak ada bisa gunakan sabun cuci piring. Bersihkan kotoran dan lemak yang ada pada kain screen, bilas sampai bersih dan keringkan.

Langkah 2
Campurkan sensitizer (botol kecil) dengan emulsi (botol besar) dengan perbandingan 10 : 1 kemudian aduk sampai rata, kemudian diamkan beberapa saat kira-kira 30 menit. Untuk hasil lebih baik masukkan kedalam lemari es (jangan sampai beku). Jangan dicampur semuanya, sediakan wadah buat mencampur kedua bahan tersebut, dikira-kira cukup untuk screen yang akan di afdruk, sisanya disimpan buat yang lain. Emulsi yang belum dicampur Sensitizer dapat disimpan bertahun-tahun dan yang sudah dicampur dapat disimpan selama -+ 3 hari jika disimpan dalam lemari es.

Langkah 3 
Oleskan emulsi pada screen secara merata pada bagian luar dan dalam, oleskan secara perlahan agar seluruh bagian screen tertutup sempurna, olesi pada bagian luar dan dalam, anda bisa menggunakan rakel atau penggaris mika untuk meratakannya.
   
Langkah 4
Keringkan screen yang sudah diolesi emulsi menggunakan Kipas Angin atau Hair Dryer, JANGAN mengeringkan dibawah sinar Matahari. Sebelum penyinaran screen harus benar-benar kering. Karena sifat obat afdruk yg peka cahaya maka lakukan pengeringan dalam ruangan tertutup dan usahakan tidak terkena cahaya secara langsung.
  
Langkah 5
Susun screen seperti gambar dibawah ini, klik untuk memperbesar.

  Langkah 6
Sinari screen menggunakan 2 buah lampu neon 20w, kira-kira selama 4 – 7 menit. Apabila menggunakan sinar matahari cukup 10 – 15 detik saja. Proses Penyinaran ini tidak boleh terlalu lama ataupun terlalu sebentar. Jika terlalu lama, ditakutkan seluruh permukaan akan terlalu matang, sehingga area screen yang harusnya tetap bolong akan susah untuk dirontokkan obat afdruknya. Jika terlalu sebentar hasilnya akan kebalikannya, area screen yang harusnya tetap tertutup obat afdruk malah mudah rontok ketika dilakukan penyemprotan.

Langkah 7
Setelah selesai basahi screen pada kedua sisinya, kemudian semprot dengan air bersih pada bagian sisi luar dan dalam secara bergantian, semprot hingga gambar terbuka sempurna. Apabila terjadi kegagalan dapat dihapus dengan Remover kemudian ulangi langkah 1-6.

Langkah 8
Keringkan screen yang sudah jadi dengan kipas angin atau hair dryer bahkan kali ini bisa dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Langkah 9
Setelah kering periksa kembali screen apakah ada kebocoran, apabila ada tambal (tusir) menggunakan sisa obat afdruk yang kita pakai diawal tadi dan keringkan lagi. 
Setelah kering screen siap digunakan.

Demikian semoga berhasil, jangan lupa komentarnya ya.....  

BAGI YANG PERLU BAHAN-BAHAN SABLON BISA KUNJUNGI TOKO SAYA  
KLIK DI SINI !

"BUAT SOBAT TADUNGKUNG YG SUKA DENGAN ARTIKEL SAYA, BIAR SAYA TAMBAH SEMANGAT NGE BLOG.....TOLONG DI LIKE FB FANSPAGE ATAU FOLLOW TWITTER, BISA JUGA JOIN MEMBER YG ADA DI BAWAH. TERIMA KASIH"

117 Responses to "Cara Sederhana Afdruk Film Sablon Manual"

  1. berguna juga nieh gan.. Secara ane emang lg mw nyoba2 nyalurin hobby sablon manual.. Hoby c bqn2 kaos.. Tp mzh amatir bgt.. Kalo blh tau.. Utk bqn kaos.. Total biaya yg dikeluarkan brp ea??tanpa meja gan.. Screen ckup 1 aje dlu..berguna juga nieh gan.. Secara ane emang lg mw nyoba2 nyalurin hobby sablon manual.. Hoby c bqn2 kaos.. Tp mzh amatir bgt.. Kalo blh tau.. Utk bqn kaos.. Total biaya yg dikeluarkan brp ea??tanpa meja gan.. Screen ckup 1 aje dlu..

    BalasHapus
  2. Untuk sablon kaos yang paling minim ditempat ane +- 500rb udah komplit sob...

    BalasHapus
  3. ane mau beli gan starter kitnya..

    BalasHapus
  4. gak ada starter kitnya sob...

    BalasHapus
  5. maaf kag karena masih pemula mau tanya prbandingan emulsi + sensitizer yitu 10 : 1, kira yang mana yang 10 dan yang 1, makasih

    BalasHapus
  6. untuk emulsi 10 : sensitizer 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyablon baju slambar ja kawa lah mang

      Hapus
  7. thanks tutorialnya, pengen nyoba nih

    BalasHapus
  8. ok thanks infonya gan
    gw mau coba nih

    BalasHapus
  9. tank info nya gan
    gw
    mau coba jg nih

    BalasHapus
  10. kalo bahan scren nya terbuat dr aph ya?
    maaf,, ane pemula...

    candy_bink@yahoo.com
    085294303994

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bahannya silakan baca disini http://tadungkung.blogspot.com/2011/08/bahan-bahan-afdruk-film-sablon.html

      Hapus
  11. gimana caranya biar screen kuat atau gak mudah rontok soalnya setiap kali saya bersiin sisa cat d screen sering kali screen ikutan rontok,?
    Soalnya saya pemula nih,mohon d bantu yo mas bro.

    BalasHapus
  12. coba oleskan Ulano X bro..itu bikin screen tidak mudah rontok

    BalasHapus
  13. muannntappppppppppp

    BOOZZ........

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaaattttttt ......!!! lanjutkan !!

    BalasHapus
  15. kalau hanya menggunakan triplek dan pemberat untuk bagian atasnya tanpa menggunakan busa bisa ga mas dalam proses penyinaran?

    BalasHapus
  16. bisa saja..tapi hati-hati jgn sampai merobek kain screen ujung tripleknya

    BalasHapus
  17. Makasih gan atas info sangat membantu buat ane ni yang mau nyoba2 sablon ni..thanks ya

    BalasHapus
  18. Wah... Ini yg aku cari2! Aku juga lagi ngumpulin informasi buat cara nyablon kaos,bro! Penjelasan dan ilustrasinya detail!
    Kalo untuk Langkah 6, cara penyinaran dgn matahari gimana ya,bro?
    Thanx :)

    BalasHapus
  19. untuk penyinaran dgn matahari, pada lengkah 5 posisi dibalik yaitu kaca yg diatas bro, terus kalkir - screen - karton - busa - triplek
    untuk lama penyinaran jika cahayanya cukup terik hanya sekitar 3-5 detik saja...

    BalasHapus
  20. emulsi & sensitizer bila di campur smua dlm wktu yg agak lama masih bisa di gunakan pa tdk ya?

    BalasHapus
  21. maksimal 1 minggu, kalau ditaruh dlm kulkas mungkin lebih lama

    BalasHapus
  22. wduh...saya sudah nyampur 1 btol kcil cuma ke pakai 2X,dh lebih 3mggu,brti gk bisa di gunakan lagi ya gan?

    BalasHapus
  23. kalau sdh encer, biasanya sdh tdk bisa digunakan

    BalasHapus
  24. Mantap,Bro! Terima kasih banyak sudah menebar ilmu sama kita2 yg masih awan sama teknik2 sablon. Semoga Mas Bro sukses dan bahagia dunia akherat.

    BalasHapus
  25. amiin,,,makasih bro moga bermanfaat

    BalasHapus
  26. sangat membantu cheeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrsssssssssssss.........................

    BalasHapus
  27. mas bro, kira2 untuk scren 40x50 komposisi obat afdruknya berapa?

    BalasHapus
  28. apapun ukuran screen nya komposisi obat afdruk tetap sama sekitar 1:10

    BalasHapus
  29. salam hangat mas Bro...
    ANe pngen bisa sablon manual
    Tp ane ga tau caranya sdikitpun...
    Kalo bersedia,,bisa ga ajarin langsung...??

    BalasHapus
  30. kita sama2 belajar bro..jadi coba ikuti dulu cara di atas

    BalasHapus
  31. gan, mau tanya nii, saya masih belajar sablon kaos, trus punya kendala kalo lagi semprot afdruk , masih sering rusak kalo semprot garis yang keci/ tipis gannn
    ada teknik" nya ga gann ???makasi ya sebelumnya,

    BalasHapus
  32. coba tambah sedikit campuran sensitizer nya....

    BalasHapus
  33. untuk lampu neon tsb pake neon biasa ato neon khusus ? brapa harga nya sih / en kira 2 bok tsb perlu diberi pelapis warna mengilat tidak ?

    BalasHapus
  34. lampu neon biasa yg panjang....dan tak perlu dilapis apa2

    BalasHapus
  35. senitizer itu yang kecil ya gan ??? oke makasi gannn, ane coba dulu resep nyaa

    BalasHapus
  36. gan bek mau pM via apa ya ???, masalahnya masih pengen banyak tanya nii hhehehe

    BalasHapus
  37. agan tolong bantu saya, yang langkah no 5 itu, "klise kalkir" apa ya?
    maaf saya baru mau belajar, di tunggu balasanya, bisa ke email saya di : flodeepz@gmail.com . terimakasih

    BalasHapus
  38. klise kalkir = gambar yang akan disablon, yg dicetak diatas kertas kalkir biasanya menggunakan printer laserjet

    BalasHapus
  39. thx infonya.tp gan,sy mo tanya kalo beli bahan cairan syntaiser dan kain screen di mana ya;?toko bangunan??? soalx di tempat sy (ambon,maluku) belom ada toko khusus sablon

    BalasHapus
  40. matur suwun kanyab bozzz

    BalasHapus
  41. Jempol gan... Otak ane jadi rada terangan dikit....

    BalasHapus
  42. sangat membantu sekali gan...thanks infonya.....

    BalasHapus
  43. gan cara ngukur 1:10 gimana gan

    BalasHapus
  44. tolong dong gan kasih pencerahan tentang sablon kaos dengan tekhnik reparasi.
    Mulai dari bahannya, kemudian cara pembuatan, thanks

    BalasHapus
  45. Aku baru coba afdruk hari ini dan alhamdulilah.... Gagal! Hahahaa... Gara2 listrik idupmati2,Tadi penyinarannya jam 5.30 ,udah agak gelap,trus penyinarannya jadi make kompor minyak tanah, trus aku semprot2..obat afdruknya rontok ngalir..sama sekali gak ada titik2 gambarnya? Dramatis banget pokoknya! :D apanya yg salah ya bro? Tadi waktu ngoles obat afdruk kerepotan sampe blepotan,untung aku kasi alas koran dibawah screen. Aku gak mau brenti belajar karena hari ini gagal, terlalu cemen. Aku doain semua yg lagi belajar di sini tetap semangat dan berhasil. Semoga Mas Mimin dikasih kesehatan,kesuksesan dan kesabaran buat ngajarin kita2. Tengs atas Ilmunya,guru! :)

    BalasHapus
  46. penyinaran harus pakai cahaya yg stabil dan terang jadi pakai kompor minyak tanah jelas tidak benar,...trus mas mimin siapa ya :)

    BalasHapus
  47. Hari ini nyoba lagi,dan Alhamdulilah... Biar gambarnya gak begitu sempurna,kayaknya lumayan berhasil untuk pemula! besok tinggal siap2 nyablon! Ternyata pengolesan afdruk harus rata dan satu arah,ketebalannya juga harus rata. Yg jadi pertanyaanku, kenapa setelah penyinaran(matahari) dan penyiraman afdrukan jadi keliatan titik2 mbleber2 gitu,padahal aku ngolesnya rata(meski tebalnya gak rata)? Yang paling dramatis tuh waktu pengolesan afdruk yg mencapai setengah jam,trus pengeringan sampe 1 jam lebih di depan kipas angin+panas setrikaan. :D buat yang lagi belajar disini semuanya... Cemungut ea! Makasih banyak dan sukses selalu buat Mas Mimin!

    BalasHapus
  48. kalau ada titik-titik kemungkinana karena ada pasir, dll. yg menghalagi cahahya. Kalau hasil kurang tajam bisa film kalkir kurang pekat gambarnya

    BalasHapus
  49. Tadi udah praktek nyablon,dan alhamdulilah...gagal! :D cuman beberapa titik2 aja yg nempel di kaos.
    Bro, harusnya pola gambar di screen itu berbentuk titik2 bolong ya,bukan cuma bayangan? Aku punya M3 tapi nggak tau fungsinya buat apa? Waktu beli,aku pikir itu buat ngapus afdruk.
    Kalo gak ada Remover(penghapus), bagusnya pake apa ya? Aku udh coba sabun colek,bayklin,M3 sampe minyak tanah...obat afdruknya luntur sih,tapi masih sisa di screen dikit..nah yg dikit ini paling susah ngilanginnya?
    Besok aku coba lagi, hajar terus tanpa kompromi! Terima Kasih ya,Bro!
    *maap aku Anonymous terus krn komen dari hape di Blogspot rada ribet :)

    BalasHapus
  50. M3 itu pengencer tinta kertas,.... kalau tidak ada remover pakai bayclin sampai yg paling keras bisa pakai soda api,

    BalasHapus
  51. Saya pernah nyoba, tp saat penyablonan, catnya tidak dapat menempl dg baik,(pecah2 gitu)kira2 maslhnya pa z? Dn ketika mw menghapus hasil afdru tidak bisa hilang/bersih seperti sedia kala sebelum diolesi dr obat.. Letak kesalhannya kira2 pa y? Mkasih bro, tk tunggu z jwbnnya

    BalasHapus
  52. Bantu jwb Mas Anonymous diatas.
    Untuk menghilangkan tinta atau obat afdruk yg membandel, coba deh pake M3 dijamin screen jd kinclong! Caranya cukup dgn mengoles cairan M3 ke tinta atau obat afdruk, kemudian diamkan -+5 menit, trus gosok pake sabun colek+semprotan.

    BalasHapus
  53. Bro, aku mau nanya2 nih:
    1. Apakah menggunakan Rubber White dan Rubber Colour harus dicampur dgn pengencer, penguat tinta,dsb?
    2. Kenapa setelah penyinaran terlihat bayangan pola gambar di obat afdruk screen,tapi begitu disiram dan disemprot hanya terlihat bayangan menempel di screen(tidak bolong)?
    Udah itu aja dulu, semoga dapat pencerahan! Terima Kasih, Sukses dan Sehat selalu buat Admin Narawangsa. :)

    BalasHapus
  54. @Jodie666...
    1. Bisa menggunakan pengencer yg berfungsi sebagai penguat warna yaitu Binder, seduai kebutuhan saja.
    2. Menurut pengalaman saya itu disebabkan terlalu lama penyinaran, jadi kurangai waktunya.

    BalasHapus
  55. Terima Kasih infonya,Bro!
    Tadi aku nyoba afdruk lagi, Alhamdulilah... Lumayan ada pola gambarnya di screen! Tadi waktu selesai penyinaran gak begitu kliatan ada bayangan, trus aku siram..diemin bentar,trus siram lagi..eh kliatan ada bayangannya, trus aku semprot pake setelan yg paling halus,
    *tapi kenapa pola gambarnya malah banyak yg ikutan rontok yak,Bro? :(
    Tapi lumayanlah gambarnya ada meski nggak utuh, besok siap nyablon deh! Rakel mana rakel? :D
    Terima Kasih banyak udah mau direpotin sama Sabloner Pemula kayak kami2 ini yak!

    BalasHapus
  56. MAS BRO, Setiap kali afdruk kok gk pernah rata hasilnya???aq pake lampu tp bukan neon,tp te2p 20w,kalo gk rontok,pasti terlalu keras..biasanya knp mas bro???
    thx atas infonya,semoga mas bro banyak kebaikannya

    BalasHapus
  57. harus pakai lampu neon yg panjang mas, kalau tidak hasilnya tetap seperti itu

    BalasHapus
  58. Alhamdulilah, sablon pertamaku berhasil, meski agak kurang rapi,tapi lumayan buat pemula! Saking senengnya sampe aku liatin terus tuh sablonan.. Uhuy! :D Terima Kasih Bro, tulisan2 dan saran2nya sangat bermakna bagi saya. WYOTB Bro Narawangsa. :)

    BalasHapus
  59. saya suka saya suka saya suka :)

    BalasHapus
  60. nanya bos ..knp ya tiap kali nyablon baru dapat 3-4 kaos scren selalu mampet trus waktu di bersihkan afdrukkan ikut rontok kira2 letak kesalahan dimana ya?

    BalasHapus
  61. 1.cek obat afdruknya apakah khusus untun textil,
    2.gunakan penguat screen, seperti ulano X
    3.gunakan screen yg lebih renggang
    4.beri pengencer pada tinta, seperti binder

    BalasHapus
  62. slamt sore smuax,,mu nanya nh gan,,cara merakel yg baik itu gmn ea,,,.??
    rakelnya posisi miring ap tegak lurus?? makasih gan,,smoga jawabanx bisa membntu sy,yg msih awam.amien...

    BalasHapus
  63. saya biasanya agak miring kedalam sedikit, tapi terserah saja bagaimana enaknya sob...

    BalasHapus
  64. ada dua pertanyaan nh sob,mudah2n dpt dijawab keduax.
    1:merk obat afdruck ap yg baik.?
    2:klo yg warna biru mrk obat afdruck ap.?
    sy punya warna kuning muda di rumah,tpi kurang baik menurut sy.

    BalasHapus
  65. 1. merk ulano TZ untuk sablon kain & ulano 133 untuk sablon kretas/plastik
    2. warna gak masalah, tergantung produknya

    BalasHapus
  66. mksh sob jawabanx,,klo bleh tw ulano tz itu brp hargax.?,,oya sob apakah benar sy beli skreen T77 untuk cetak sparasi atw pecah warna..?jdi bnyak nanya nh,hehe.,!!!!!

    BalasHapus
  67. ulano tz ditempat saya 50rb, t77 bisa untuk separasi

    BalasHapus
  68. 50 rb itu ukuran brp gram.?itu bgus g buat pengafdrukan sparasi.?

    BalasHapus
  69. 200gr, bisa untuk separasi

    BalasHapus
  70. Blog bagus nih, bagi2 ilmu ,maju trus Gan,,
    Yang butuh setting an film sablon print di kalkir jakarta,
    Pecah warna dan Cabut warna bisa hub ane di 085888151560. trims

    BalasHapus
  71. like this aja deh...

    BalasHapus
  72. Salam kenal… kami PINBOO dari Bandung memproduksi Pin, serta Jual Material utk Pin peniti, Gantungan Kunci (Pembuka Botol, Gantungan kunci bolak balik) dalam berbagai ukuran. Kami juga buat dan jual ID CARD(PVC, Casing, Tali & Yoyo), MUG serta menjual Laminasi, Kertas Inkjet, dll
    kami Menerima order Satuan dan dalam partai banyak juga..
    Keterangan lebih lengkap dapat dilihat di website kami http://www.pinboo.org
    atau telpon ke (022) 91147817 - 91357313
    Terimakasih …..

    BalasHapus
  73. Keren kk terima kasih infonya.
    semoga Jaya selalu.
    Tuhan memberkati.
    (^_^)
    ._/\_

    BalasHapus
  74. gan..
    ane mau numpang nanyak nii:)
    klo pakai lampu neon 16 watt dua biji...
    jarak antara lampu dengan kaca brapa cm?
    dan waktu penyinarannya brapa lama??
    tolong di repley gan??
    thanks!

    BalasHapus
  75. 10cm cukup bro, waktunya gak pasti tergantung campuran obat afdruknya coba mulai 5menit dulu.

    BalasHapus
  76. saya pake super x dan bgus hasilnya,tpi susah dihapusnya,pdhal dah pake soda api ma kporit,,beda sama obat afdruc yg lain langsung luntur pke sda api itu,,,,jdi setres aku..pdhal dah cocok bgd ma hasil afdrucknya.

    BalasHapus
  77. terima kasih ilmunya. pingin nyoba tapi belum ada waktu. baca-baca dulu boleh tho masbro?..
    rencana juga praktekin untuk usaha kecil-kecilan, soalnya mau beli ploter mahal banget..
    saya doain semoga rejeki lancar deh masbro..

    BalasHapus
  78. Terimakasih banyak atas infonya.. hal ini juga bisa digunakan untuk keperluan cetak PCB...
    Sebgai salam knal, dan juga tukar informasi mengenai buat PCB, dan informasi elektronika dan hoby mancing
    LANGSUNG AJA ke mbah-kong.blogspot.com

    BalasHapus
  79. Wah thanks gan nambah pengetahuan ane
    Jangan berhenti untuk tulis artikel yang lebih baik
    Sukses selalu untuk Anda

    BalasHapus
  80. gimana klo penyinarannya cuma pake bohlam.. Warna kuning..?

    BalasHapus
  81. kalau lampunya banyak dan merata, bisa saja

    BalasHapus
  82. kenapa saat penyemprotan, screen yang seharusnya bolong secara penuh, menyisakan banyak bintik-bintik yang sulit dirontokkan ??
    padahal waktu penyinaran tidak terlalu lama..

    BalasHapus
  83. kemungkinan klise kalkirnya kurang pekat / kurang tajam

    BalasHapus
  84. gan ane mau bikin sablon kaos udah ada screen n rakel obat afdruk merek super X SX + super x SR bagus buat afduk gak gan kurang tau niii?

    BalasHapus
  85. belum pernah coba merk itu, bro

    BalasHapus
  86. TRIMS...... .... SEKARANG ANA MO COBA...

    BalasHapus
  87. kayaknya harus di praktekan niihh, mantap infonya, detail dari langkah 1-9. ini yang aku cari2. numpang tanya yaa Bang...
    Klo yang akan kita Sablon Tas Anak-anak, bahanya semacam Parasut (agak kasar) apa saja yang harus di siapkan.

    1.emulsi dan Sensitizer tipe dan merk apa....?
    2.Screen Jenis dan Ukuranya berapa...?
    3.Rakel ....?
    4.Remover Tipe dan Merk apa....?
    5.Tinta/Cat Tipe dan Merk ...?

    Maaf..banyak nanya krna sma skali belum pernah Nyablon
    mohon bantuanya....Trims



    BalasHapus
  88. @Ivone.... kalau parasut ada tinta khusus parasut jadi memakai obat afdruk untuk kain, tp bisa juga menggunakan tinta kertas jadi menggunakan obat afdruk untuk kertas... untuk bahan2nya silan baca di sini Bahan Bahan Afdruk Film Sablon

    BalasHapus
  89. oohh..bisa gitu yaaa, Ok,,makasih sarannya, sangat berguna.
    Langsung Praktek...

    BalasHapus
  90. ada yang bisa bantu ane gak gan kalau ada yg jasa membuat screen sblon krna sudah brp kali an afdruk gagal trus..kalau ada yg bisa bkinin screen nya jadi ane langsung sablon bisa kontak ke 089622361358..nanti ane krim gmbr nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga mau butuh screen nya 082285307027

      Hapus
  91. @bmanalso...posisi ente dimana bro?

    BalasHapus
  92. mantaaappppp......Hasil pertama kali buat Film Sablon langsung jadi, Hasilnya pun memuaskan. Trimah kasih buat Bang Achmad Naranwangsa sudah berbagi ilmu.

    Sukses Selalu....

    BalasHapus
  93. kalau untuk sablon di plastik obat afdruk nya merk apa ya??
    makasih gan.,

    BalasHapus
  94. @Dendy.... bisa ulano 122, ulano 133, photoxol 199, terserah merk apa aja yg penting khusus untuk plastik

    BalasHapus
  95. cara membersihkan screen yang benar kaya gimana ya kakak kakak sekalian. Ada yg bilang pake minyak m3 sama sabun. Saya tdak tau caranya. Sy pernah pake tp hasilnya gak bersih malah kusam. Tolong bantu ya ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. membersihkan afdruk atau bekas tinta? kalau afdruk bisa gunakan ulano 5, soda api, bayclin, dll. kalau bekas tinta tergantung dari jenis tinta yg digunakan.

      Hapus
    2. kalau kelamaan sekitar 15 menit gmna tuh,susah sekali di bolonginya,,

      Hapus
    3. hapus aja ulang dari awal lagi

      Hapus
  96. sob saya mau nanya, gimana sih tehniknya biar hasil sablon di kaos itu tebel/timbul terus aga mengkilat gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung jenis tintanya sob, ada yang jenis tinta yg timbul apabila di panasi

      Hapus
  97. Gan kalo cetak klise kalkir nya pake printer tuner bisa gak.?

    BalasHapus
  98. makasih buat ilmunya mas achmad narawangsa, mudah2an amal baik sampean diterima dan anda selalu diberkahi aamiin.. saya mau tanya mas, untuk sablon di kain flanel itu bagusnya pake screen tipe berapa? obat afdruk dan tinta jenis apa? perlu diketahui kain flanel itu beda dengan kain biasa, serat kainnya lebih kasar hampir mirip karpet.. terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  99. wah, ane blm pernah sablon kain flanel mas,..mungkin screen t77 bisa, pakai tinta kain jenis plastisol

    BalasHapus
  100. Untuk sablon raster bagusnya pake screen t brpa ya gan?

    BalasHapus
  101. Untuk sablon raster bagusnya pake screen t brpa ya gan?

    BalasHapus
  102. mas kalo pake matahari mulai jam berapa sudah bisa di mulai .. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jam berapa aja, asal ada cahaya nya

      Hapus
  103. Gan, ane pakek lampu TLnya 5
    Kira2 btp lama penyinarannya
    Terimakasih gan

    BalasHapus
  104. terima kasih atas infonya min

    BalasHapus
  105. Terimakasih banyak atas Tips diatas, saya baru pemula

    BalasHapus