Toko Alat Sablon

Kumpulan Lagu Banjar Ciptaan Anang Ardiansyah

H. Anang Ardiansyah putra dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan yang lahir di Banjarmasin, 3 Mei 1938 adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu Indonesia, khususnya lagu daerah Banjar. Memiliki latar belakang militer dengan pangkat terakhir Kolonel, sosok unik yang bisa menjalani dua profesi sekaligus. Di satu sisi militer membutuhkan  kehidupan yang disiplin di sisi lain seniman membutuhkan kebebasan berekspresi.

Anang Ardiansyah sudah menciptakan 115 buah lagu Banjar, sebagian dari lagu tersebut sudah direkam dalam tujuh album, dan sekitar 43 lagunya bisa dibilang populer. Salah satu lagu ciptaannya yang paling terkenal adalah Paris Barantai yang diciptakan tahun 1959. 

Anang juga membentuk kelompok musik Tygaroon's Group dan mendirikan Tygaroon's Mini Studio, dari studio itulah beberapa album lagu banjar dihasilkannya. Beberapa album diantaranya Lagu Banjar Latinia - Ampat Lima, Legenda Banjar Plus, BALADA IMAN / Lagu Lagu Banjar Terbaik 84

Berikut beberapa lagu-lagu Banjar yang telah diciptakan oleh H. Anang Ardiansyah (klik pada judul lagu untuk download file MP3 nya) :
Ketika menjadi anggota TNI saat bertugas di Balikpapan Kalimantan Timur, Anang sempat menciptakan lagu untuk daerah setempat. Lagu-lagu itu direkamnya dalam kaset pada 1987 dengan judul CURIAK, musik pengiring Tygaroon's Group. Lagu-lagu ciptaan H. Anang Ardiansyah dalam album tersebut antara lain :
  • Curiak
  • Oto Biru
  • Diang Katinting
  • Kambang Barenteng
  • Di Hunjuran Mahakam
  • Di Panajam Kita Badapat
  • Balikpapan
  • Papadah
  • Samarinda
  • Bis Bintang Mas
  • Apo Kayan
  • Lamun Datang itu Lagu
Orang yang menjadi inspirasi Anang Ardiansyah dalam produktivitas proses penciptaan lagu-lagu Banjar adalah Nor Cahya, ibundanya tercinta. Dan juga beberapa orang lainnya seperti Addy Maswardi (tokoh adat Banjar), Ajimudin Rifani (penyair), Horman Helena (tokoh teater Kalsel).

Lirik lagu-lagu Banjar yang  ia ciptakan  kebanyakan berasal dari lagu-lagu rakyat berupa pantun-pantun yang pada masa lalu berkembang di tepian sungai, pesisir, dan daratan. Karakter lagu dan lirik yang mudah dicerna dan memiliki pesan moral membuat lagu-lagu ciptaannya populer. 

Lagu banjar hampir 80 persen lagu melayu tetapi dalam perkembangannya, lagu ini tak lagi memiliki cengkok mengalun seperti lagu melayu. Irama lagu Banjar lebih tegas, mungkin karena 20 persennya mendapat pengaruh lain seperti Dayak, China, Arab, dan Jawa.

sumber: id.wikipedia.org - dawetnesia.blogspot.com

2 Responses to "Kumpulan Lagu Banjar Ciptaan Anang Ardiansyah"

  1. Ngalih banar mncari LaguBanjar Lalu apa jadinya lagi... Pernah lihat di Banjar TV cipt. Sidin Alm jua, tp mbukai youtube kdd nang ma uploadnya... Amun ada kasih2 info lah yg tahu... Makasih

    BalasHapus
  2. Ngalih banar mncari LaguBanjar Lalu apa jadinya lagi... Pernah lihat di Banjar TV cipt. Sidin Alm jua, tp mbukai youtube kdd nang ma uploadnya... Amun ada kasih2 info lah yg tahu... Makasih

    BalasHapus