Toko Alat Sablon

Cara Efektif & Mudah dalam Menghafal

Kegiatan menghafal akan lebih gampang dilakukan oleh anak-anak dan orang yang masih muda. Sebaliknya, kegiatan menghafal akan terasa lebih sulit dilakukan oleh orang-orang yang sudah berusia tua. Ini merupakan bagian proses biologis manusia dimana sel-sel otak pada anak-anak masih mempunyai fungsi yang sangat optimal jika dibandingkan dengan orang yang sudah berusia tua. 

Menghafal bisa dikatakan sebagai kegiatan yang gampang-gampang susah. Namun bagi Anda yang masih mempunyai keinginan besar untuk mudah menghafal, berikut adalah cara-caranya yang cukup efektif dan mudah dalam menghafal.

1. Bersunguh-sungguh
Dalam mempelajari suatu materi hafalan kesungguhan dalam melakukannya sangat diperlukan. Tidak hanya bermodalkan niat yang sungguh-sungguh, agar Anda bisa dengan mudah menghafal, sebaiknya membaca materi hafalan dilakukan secara berulang-ulang. 

2. Sedikit Makan
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak makan akan menyebabkan rasa kantuk. Stimulasi makan akan sangat mempengaruhi kinerja otak kiri Anda dimana otak kiri kita cenderung memiliki pola pikir yang enak-enak saja. Cepat mengantuk dan cepat lelah tentunya akan mengganggu kita untuk belajar menghafal.

3. Tingkatkan Ibadah
Kegiatan beribadah akan membuat pikiran Anda menjadi tenang. Di saat pikiran sedang tenang akan menjadi momen yang sangat tepat untuk menghafal beberapa materi hafalan Anda. 

Jangan lupa mengkonsumsi makan makanan yang bergizi agar kebutuhan gizi kita tercukupi. Kelengkapan nutrisi akan sangat mempengaruhi kinerja otak kita. Semakin banyak gizi yang masuk ke dalam tubuh kita, akan semakin banyak pula supply oksigen dan sari makanan yang masuk ke dalam otak. 

Jika kebutuhan oksigen dan sari makanan yang masuk ke dalam otak, maka otak Anda akan semakin cerdas. Jenis gizi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak manusia adalah protein dan vitamin. 

Kedua jenis gizi ini akan membantu sel-sel otak kita akan semakin berkembang. Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan dengan mudah menghafal materi hafalan Anda dengan cepat dan efektif. Silahkan mencoba.


0 Response to "Cara Efektif & Mudah dalam Menghafal"